Pembahasan Hutan Pegunungan Tropik, Lengkap Dengan Karakteristik dan Fungsinya

 

Pembahasan Hutan Pegunungan Tropik, Lengkap Dengan Karakteristiknya dan Fungsinya

Hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam kesatuan alam beserta lingkungannya. Dimana yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan.

Hutan dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, seperti Hutan Pantai, Hutan Dataran Rendah, dan Hutan Pegunungan. Jenis-jenis hutan tersebut terbagi berdasarkan letak ketinggian di atas  permukaan laut.

1. Pengertian Hutan Pegunungan

Pengertian hutan merupakan tempat alami bagi bermacam jenis makluk hidup, seperti tumbuhan yang lebat, seperti semak, rumput, jamur, tumbuhan jenis paku-pakuan, pohon-pohon serta tumbuhan lainnya di suatu wilayah yang sangat luas.

Hutan pegunungan merupakan, salah satu formasi hutan hujan tropis yang terbentuk pada wilayah pegunungan maupun dataran tinggi. Hutan ini biasanya memiliki ciri seperti diselimuti kabut atau awan pada bagian atas hutan.

Beberapa ciri dari hutan pegunungan adalah, batang pohon yang tertutup oleh lumut yang tumbuh dengan tebal, maka tidak jarang hutan tersebut di sebut dengan hutan lumut.

2. Karakteristik Hutan Daerah Dataran Tinggi

Beberapa ciri yang dapat diamati dari hutan pegunungan adalah:

  • Hutan pegunungan mempunyai ukuran pohon yang tinggi dan Berdaun Lebat
  • Hutan pegunungan memiliki tingkat kelembapan udara yang tinggi
  • Hutan pegunungan mempunyai vegetasi tanaman berlapis
  • Dasar hutan pegunungan mampu dijangkau oleh Sinar Matahari
  • Hutan pegunungan biasanya terdapat genangan air pada bagian dasarnya
  • Hutan pegunungan mempunyai daya Regenerasi Tinggi

3. Jenis Vegetasi Hutan Pegunungan

Menurut buku hasil karya Hartono yang berjudul Geografi: Jelajah Bumi dan Alam Semesta, jenis vegetasi hutan pegunungan tinggi banyak ditumbuhi oleh tumbuh-tumbuhan yang berdaun jarum atau tumbuhan konifer.

Beberapa contoh dari tumbuhan konifer adalah spruce, birch, alder, juniper, pinus dan cemara. Tumbuhan ini hanya terdapat pada hutan pegunungan, yang biasanya hidup pada daerah hutan yang memiliki ketinggian agak rendah.

Beberapa daerah penyebaran hutan pegunungan tinggi adalah, Pegunungan Tinggi Bukit Barisan di Sumatera, Pegunungan Tinggi Jaya Wijaya di Papua, beberapa pegunungan tinggi di Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi.

4. Fungsi Penting Hutan Pegunungan

Selain berfungsi sebagai paru-paru dunia, hutan pegunungan ternyata memiliki beberapa fungsi lainnya, antara lain:

Menyerap Air Hujan

Ternyata air hujan dapat diserap tanah, karena air hujan ketika turun tidak mengalir langsung ke bagian bawah tanaman, akan tetapi tertahan akar-akar tanaman di hutan.

Dengan demikian hutan pegunungan dapat menjadi sumber penting dari penyerapan air hujan. Selain itu pegunungan yang memiliki hutan yang lebat, dapat menjadi sumber mata air yang baik bagi sungai-sungai, yang dimanfaatkan warga di daerah pegunungan maupun dataran rendah.

Penghasil Oksigen Bagi Manusia

Tanaman yang berfotosintetis pada daerah hutan pegunungan, akan menjadi sumber oksigen bagi manusia. Oksigen tersebut tentu dibutuhkan manusia untuk bernafas. Selain itu pada proses fotosintesis tanaman pada hutan, akan melakukan penyerapan karbondioksida.

Gas karbondioksida ternyata membawa dampak positif bagi pemanasan global. Oleh karena itu ketersediaan hutan pegunungan harus diperhatikan, agar menjauhkan kita dari perubahan iklim yang ektrem.

Mencegah Banjir dan Longsor

Banjir dan longsor dapat terjadi karena curah hujan yang tinggi, dan sistem penyerapan air tanah yang buruk. Akar dari pohon pohon sangat berpengaruh besar terhadap bencana alam ini.

Tanpa adanya hutan, air hujan akan mengalir dan tergenang sehingga menyebabkan terkikisnya tanah, hal ini lah yang menyebabkan banjir dan longsor.

Sebagai Tempat Tinggal Satwa dan Keanekaragaman Hayati

Pada suatu hutan, pegunungan akan terdapat beraneka macam flora dan fauna. Keanekaragaman ini perlahan mulai punah dikarenakan penebangan liar dan kurangnya kesadaran untuk menjaga hutan pegunungan.

Hal itu menyebabkan, hilangnya tempat tinggal bagi beberapa satwa di dalamnya. Selain itu tumbuhan yang terdapat pada hutan juga tidak sedikit yang dapat memberi manfaat bagi manusia, salah satunya sebagai obat obatan

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reboisasi Hutan: Langkah Mendukung Keseimbangan Alam

Manfaat Hutan Mangrove: Pilar Penting untuk Keseimbangan Lingkungan

Keindahan dan Manfaat Hutan Pinus: Tempat yang Menyejukkan di Alam