Mengenal Apa itu Hutan Hujan Iklim Sedang dan Ciri-cirinya

 


Hutan adalah wilayah daratan yang umumnya terdapat pepohonan di dalamnya. Bisa dibilang, di dalam hutan terdapat banyak sekali jenis pepohonan, tumbuhan, dan aneka satwa yang memililiki fungsinya masing-masing.

Hutan sendiri memiliki berbagai jenis dan fungsinya yang berbeda-beda. Jenis dari hutan itu antara lain adalah

·       Berdasarkan fungsinya yang dibagi antara hutan lindung, hutan suaka alam, hutan wisata, dan hutan produksi.

·       Berdasarkan jenis pohonnya dibagi menjadi hutan heterogen dan hutan homogen.

·       Berdasarkan proses terjadinya antara lain adalah hutan asli dan hutan buatan.

·       Berdasarkan tempat tinggalnya antara lain daerah hutan rawa, hutan pantai, dan hutan pegunungan.

·       Berdasarkan iklimnya antara lain adalah hutan hujan tropis, hutan musim tropik, hutan hujan iklim sedang, hutan pegunungan tropis, hutan hujan iklim sedang yang selalu hijau,hutan gugur iklim sedang, taiga, hutan lumut, sabana, dan gurun.

·       Berdasarkan tujuannya dibagi menjadi hutan konservasi dan taman nasional, hutan terbatas dan hutan produksi tetap, hutan lindung, dan hutan konversi.

Di blog kali ini, kami akan membahas mengenal hutan hujan iklim sedang.

Hutan Hujan Iklim Sedang

Apa itu hutan hujan iklim sedang? Hutan hujan iklim sedang merupakan hutan yang memiliki iklim sedang dan terletak di wilayah lintang 400 sampai lintang 66,50 pada bagian selatan dan utara bumi. Biasanya hutan ini berada di belahan bumi yang memiliki hujan iklim sedang atau hangat.

Persebaran hutan hujan iklim sedang adalah Jepang bagian selatan, Korea, Afrika Selatan, Amerika Serikat bagian selatan yang berbatasan dengan pantai utara laut Karibia, Selandia baru, dan Australia.

Hutan ini biasanya ditempati oleh flora dan fauna yang dapat bertahan di iklim sedang sampai dingin saja. Hal itu menyebabkan hutan ini cukup sedikit dihuni oleh flora dan fauna. Umumnya, hutan hujan iklim sedang hanya dipenuhi oleh pohon-pohon yang berukuran sedang-besar saja.

Tidak hanya itu, hutan hujan iklim sedang juga berada di wilayah pantai pasifik Amerika Utara, yang dimulai dari California hingga Washington. Di California, hutan ini dikenal sedang sebutan redwood forest dan untuk wilayah Washington dikenal dengan hutan campuran atau mixed coniferous rainforest.

Ciri-ciri Hutan Hujan Iklim Sedang

Setelah mengetahui ciri-cirinya, selanjutnya kami akan memberikan bagaimana ciri-ciri dari hutan hujan iklim sedang. Hutan hujan iklim sedang memiliki ciri-ciri antara lain adalah:

1. Jenis Tumbuhannya yang Tidak Terlalu Banyak

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, hutan ini tidak terlalu memiliki banyak variasi dari flora dan fauna. Biasanya hutan ini hanya ditempati oleh beberapa spesies yang tahan dengan hawa dingin.

Beberapa diantaranya adalah cemara, pinus, atau tumbuhan yang tidak terlalu rimbun.

2. Jenis Hewan Yang Tidak Terlalu Banyak

Sama halnya dengan tumbuhan, jenis hewan di dalam hutan hujan iklim sedang juga tidak terlalu banyak.

Beberapa hewan yang biasanya tinggal di hutan hujan iklim sedang ini antara lain adalah beruang, serigala, kelinci, dan lain sebagainya.

3. Pohon-pohon yang tidak terlalu tinggi namun keras

Mirip dengan poin 1, tumbuhan yang berada di jenis hutan ini umumnya hanya tahan dengan hawa dingin. Oleh karena itu, hutan ini biasanya dihuni oleh jenis tumbuhan yang tidak terlalu tinggi namun daunnya kecil dan batangnya keras.

Kemungkinan hal itu terjadi karena hutan ini mengalami 4 perubahan musim yang berpengaruh kepada tumbuhan yang ada di dalamnya.

4. Memiliki tumbuhan dengan penutup yang lebih rapat

Tumbuhan dengan penutup yang lebih rapat adalah jenis tumbuhan yang memiliki fungsi untuk melindungi tanah dari kerusakan seperti erosi. Beberapa tumbuhan yang memiiki penutup yang lebih rapat adalah pakis, bambu, belukar, palem kecil, dan lain sebagainya.

5. Merupakan jenis hutan dari dampak amplituod suhu tahunan yang kecil

Amplitudo suhu tahunan kecil artinya adalah peningkatan suhu yang terjadi di hutan hujan iklim sedang yang tidak terlalu tinggi atau ekstrem. Biasanya hal ini terjadi karena pada daerah iklim sedang suhu yang dihasilkan lebih stabil dan kecil kemungkinan untuk terjadinya peningkatan suhu yang tinggi.

Untuk curah hujan sendiri, biasanya hutan hujan sedang memiliki kisaran curah hujan berkisar antara 750-1000 mm/tahun.

Nah, sekarang sudah pahamkan ap aitu hutan hujan iklim sedang dan ciri-cirinya. Semoga ulasan kami dapat membantu dan menambah pengetahuan kamu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reboisasi Hutan: Langkah Mendukung Keseimbangan Alam

Manfaat Hutan Mangrove: Pilar Penting untuk Keseimbangan Lingkungan

Keindahan dan Manfaat Hutan Pinus: Tempat yang Menyejukkan di Alam