Daftar Gurun Terluas di Dunia

 


Gurun pasir terluas di dunia adalah Gurun Sahara. Sedangkan gurun terluas di dunia berada di daratan Antartika.

Tahukah kamu bahwa sepertiga tanah di permukaan Bumi adalah gurun? Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI), gurun merupakan padang luas yang tandus dan padang pasir.

Tak hanya gurun pasir, ada empat jenis gurun berdasarkan letak geografinya, yaotu gurun kutub, gurun subtropics, gurun pantai dan gurun musim dingin.

Mengutip dari Cheapflights.co.uk, gurun pasir di Eropa lainnya yaitu Piscina Dunes (Italia), Gurun Tabernas (Spanyol), Highlands of Iceland (Islandia), Gurun Bledow (Polandia), Gurun Accona (Italia), dan Bardenas Reales (Spanyol).

Berikut adalah gurun terluas di dunia:

1. Gurun Antartika


Mengutip dari laman safarisafricana.com, Gurun Antartika merupakan gurun terluas di dunia, termasuk dari daratan Antartika. Luas gurun ini mencapai 14 juta kilometre persegi. Gurun kutub ini berada di Kutub Selatan, yang sebagain besar tertutup es.

Gurun Antartika menjadi benua terdingin, terkering dan paling berangin. Gurun ini mendapatkan curah hujan tahunan di daerah pesisir pantai. Tetapi, tetesan air berubah menjadi salju dan es yang kecil.

2. Gurun Arktik


Gurun Arktik terluas berikutnya adalah Gurun Arktik, dengan luas mencapai 13.98 juta kilometre persegi. Gurun ini berada di bagian utara Norwegia dan Rusia, yang membentuk pulau. Gurun Artik termasuk dalam gurun kutub seperti Gurun Antartika.

3. Gurun Sahara

Luas gurun Sahara sekitar 9.2 juta kilometre persegi. Gurun ini masuk dalam gurun pasir yang terpanjang dan terbesar di dunia. Luas gurun Sahara mencapai 25 % dari luas Benua Afrika. Adapun salah satu gurun terluas du dunia ini membantang mulai dari Aljazair, Chad, Mesir, Libya, Mali, Maroko, Mauritania, Niger, Sahara Barat, Sudan dan Negara Tunisia. Gurun ini banyak dikunjungi oleh wisatawan untuk melihat keindahannya, kamu juga bisa loh membawa evil stick kesana.

4. Gurun Australia

Luas gurun Australia mencapai 2.7 juta kilometre persegi. Gurun Australia ini berada pada peringkat keempat gurun terluas di dunia. Dimana, luas gurun ini mencakup 18% dari luas benua Australia.

5. Gurun Arabia

Daftar gurun terluas di dunia berikutnya adalah gurun Arabia. Gurun ini berada di timur Tengah dengan luas sekitar 2.3 juta kilometre persegi. Gurun Arabia masuk dalam daftar lima besar gurun terluas di Eurasia dan menjadi terbesar di dunia.

6. Gurun Gobi

Gurun gobi merupakan gurun pasir yang terbesar di Asia Timur. Gurun ini membentang dari Cina Utara hingga Mongolia Selatan. Luas dari gurun gobi adalah 1.29 kilometer persegi.

7. Gurun Kalahari


Luas gurun Kalahari sekitar 900 ribu kilometre persegi. Letaknya berada di tiga Negara di kawasan Afrika Selatan, yaitu di Botswana, Namibia, dan Afrika Selatan. Nama gurun Kalaharu diambil dari tswana Kgala, artinya haus yang besar. Gurun ini memiliki curah hujan sedikit, sehingga daratannya tandus dan gersang.

8. Gurun Patagonia

Gurun Patagonia ini berada di Negara Argentina, di benua Amerika. Memiliki luas 620 ribu kilometre persegi. Gurun Patagonia menjadi rumah bagi hewan yang bisa beradaptasi di gurun seperti rubah, ilama, dan armadillo.

Gurun terluas di dunia ke-8 ini terdiri dari semak berbatu dan semak berduri. Pada musim dingin, sebagian gurun akan tertutup oleh salju.

9. Gurun Syria

Luas gurun Syria sekitar 520 ribu kilometer persegi. Letaknya berada di kawasan Timur Tengah. gurun Syria termasuk dalam gurun substropis kesembilan yang terbesar di dunia. Gurun ini terdiri dari pasir, batu, dan sungai yang kering.

10. Great Basin

Daftar gurun terluas di dunia terakhir berada di Amerika Serikat, yang memiliki luas 492 ribu kilometer persegi. Great Basin membentang mulai dari Sierra Nevada dan pegunungan Wasatch. Pada bagian tengah guru nada sebuah Taman Nasional Great Basin untuk kegiatan wisata alam.

Menakjubkan ya daftar gurun terluas di dunia ini. Apakah kamu berminat untuk berlibur ke salah satu gurun itu?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reboisasi Hutan: Langkah Mendukung Keseimbangan Alam

Manfaat Hutan Mangrove: Pilar Penting untuk Keseimbangan Lingkungan

Keindahan dan Manfaat Hutan Pinus: Tempat yang Menyejukkan di Alam