Ciri-ciri Hutan Gugur Iklim Sedang

Ciri-ciri Hutan Gugur Iklim Sedang

Salah satu istilah penting yang ada pada kajian persebaran flora dan fauna adalah Bioma. Nah, Bioma sendiri merupakan ekosistem pada daerah yang luas dan terdiri atas flora dan fauna yang ada di dalamnya.

Ekosistem tersebut terbentuk karena adanya perbedaan letak geografis dan astronomis. Sedangkan hutan gugur adalah salah satu jenis hutan yang mengalami empat musim, di antaranya musim panas, dingin, semi, dan gugur.

Hutan gugur dengan iklim sedang tumbuh subur di daerah tropis dan di kedua daerah kutub (Utara dan Selatan).

Sebagai salah satu jenis bioma yang ada di bumi, hutan gugur memiliki karakteristik yang membedakannya dengan bioma-bioma lainnya. Salah satu ciri-cirinya adalah warna daun yang berwarna orange keemasan, hingga menggugurkan daun saat menjelang musim dingin.

Sebelum mengetahui lebih lengkap tentang ciri-ciri hutan gugur iklim sedang, ada baiknya untuk mengenal seperti apa iklim sedang dan seperti apa wilayahnya.

Ciri Iklim Sedang

Mencakup wilayah 40 ° LU-66.5 ° LU dan 40 ° LS-66.5 ° LS.

Iklim sedang memiliki amplitudo suhu tahunan yang lebih tinggi daripada amplitudo suhu harian. Sedangkan suhu harian rata -rata lebih rendah dibandingkan dengan suhu di iklim tropis.

Ada banyak gerakan udara siklonal disertai dengan tekanan udara yang selalu berubah. Selain itu, arah angin sering kali berubah secara tidak menentu dan seringkali terjadi badai mendadak.

Wilayah Iklim Sedang

Lokasi daerah iklim sedang terletak di garis lintang utara dan garis lintang selatan menyebabkan kondisi tekanan udara dan arah angin untuk selalu bertiup tidak pasti.

Beberapa negara yang termasuk dalam iklim sedang terutama di Eropa, seperti Denmark, Jerman, Italia, Inggris, Irlandia, Mongolia, Rumania, Ukraina dan daerah sekitarnya.

Ciri-ciri Hutan Gugur Iklim Sedang

Memiliki curah hujan merata antara 750-1.000 mm per tahun.

Suhu rata-rata mencapai 2-18 derajat celcius.

Vegetasi hutan gugur umumnya memiliki daun yang lebar, tajuk yang rapat, hijau pada musim panas, dan menggugurkan daun pada musim dingin.

Proses fotosintesis pada daun pepohonan di hutan gugur akan terhenti sementara pada musim dingin

Memiliki jenis tumbuhan yang relatif sedikit.

Mengalami musim panas yang hangat dan musim dingin yang tidak terlalu dingin.

Terletak di daerah yang mengalami 4t musim, yakni musim panas, dingin, semi dan gugur.

Curah hujan terjadi secara merata berkisar pada 75 hingga 1000 mm per tahun.

Jenis Flora dan Fauna

Nah, setelah mengetahui ciri-ciri hutan gugur iklim sedang, informasi menarik lainnya bisa kamu temukan seperti jenis flora dan fauna yang ada di dalamnya.

Terdapat jenis flora yang terdapat pada bioma hutan gugur iklim sedang, seperti bunga Sakura, pohon oak, palem, pohon angsana, pohon cemara, pakis, pohon basswood, pohon maple, jati, pinus, dan eucalyptus.

Sedangkan jenis fauna yang biasanya hidup di hutan gugur meliputi racoon, harimau, babi hutan, panda, anjing hutan, beruang, musang, sigung, tikus kayu, singa gunung, bison, tupai, dan masih banyak lainnya.

Nah, demikian artikel seputar hutan gugur iklim sedang yang menarik untuk kalian ketahui. Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reboisasi Hutan: Langkah Mendukung Keseimbangan Alam

Manfaat Hutan Mangrove: Pilar Penting untuk Keseimbangan Lingkungan

Keindahan dan Manfaat Hutan Pinus: Tempat yang Menyejukkan di Alam